BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan program prioritas
pertama dan utama dalam fokus pembangunan pendidikan di Indonesia. Keberhasilan
PAUD tidak terlepas dari peran lembaga dan pendidik PAUD dalam menyelenggarakan
dan menjalankan kegiatan PAUD.
Pembelajaran dilaksanakan melalui bermain, kegiatan
pembelajaran dilakukan secara bertahap, berkesinambungan dan bersifat
pembiasaan (Helmawati 2015), hal tersebut harus menjadi pertimbangan bagi
penyelenggara PAUD.
Peran utama lembaga sebagai penyelenggara PAUD adalah
memberikan layanan pengasuhan, pendidikan dan pengembangan bagi anak, sedang
peran utama pendidik PAUD adalah mendidik peserta didiknya dengan upaya
memaksimalkan terkoneksinya seluruh sel otak yang saat lahir sudah terbentuk,
untuk itu diperlukan tenaga pendidik yang profesional dalam merencanakan,
melaksanakan proses pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran anak.
Super Diklat Penguatan Kepemimpinan dan kewirausahaan PAUD
dan Dikmas menuju lembaga profesional ini banyak memberikan bekal bagi kami
dalam meningkatkan proesionalisme lembaga, pendidik maupun tenaga kependidikan.
Laporan Tugas Mandiri ini sebagai tindak lanjut dari Super
Diklat yang elah dilaksanakan dan bagi peserta Super Diklat diharuskan untuk menyusun
laporan Tugas Mandiri yang dilaksanakan di lembaganya masing-masing.
B.
Tujuan Penulisan :
Tujuan Penulisan Tugas Mandiri ini
adalah :
1. Memberi kesempatan pada peserta Super
Diklat untuk mengaplikasikan seluruh materi Super Diklat pada lembaga PAUD tempat
peserta Super Diklat bertugas.
2. Memperdalam pengetahuan
3. Meningkatkan kompetensi peserta
Super Dklat dalam menyelesaikan masalah di lembaga tempat tugasnya.
4. Memberi bekal dalam ekerjasama
dengan teman sejawat.
5. Melaporkan hasil praktek yang dilaksanakan
di KB Azkal Azkiya dengan mengacu pada konsep yang telah disampaikan nara sumber.
6. Memenuhi Jam Super Diklat yang
dipersyaratkan
BAB
II
KEGIATAN
YANG DILAKUKAN
A.
Kegiatan Yang Dilakukan di KB Azkal
Azkiya
Dalam bab ini penulis mencoba mempraktekkan apa
yang telah disampaikan nara sumber. Kegiatan ini direkam pada hari rabu,
tanggal 19 September 2018
Adapun
hasil dari praktek tersebut sebagai berikut :
NO.
|
DOKUMEN
|
KETERANGAN
|
SOP
|
|
I.
|
KEGIATAN AWAL/PENDAHULUAN
|
|||
|
|
A. Penyambutan
Kedatangan Siswa :
Berdiri
di depan gerbang sekolah untuk menyambut siswa dan orang tua
Siswa
mengambil nomor urut kedatangan
Siswa
meletakkan sepatu di tempatnya dan mengambil sandal
Siswa meletakkan tas di tempat yang telah disediakan
Siswa berwudhu sebelum belajar
|
1. Guru
piket berdiri di depan gerbang sekolah mulai pukul 07.00 WIB
2. Guru
piket menyambut siswa dan orang tua/pengantar
yang datang dengan 7S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun, Sabar dan
Sigap) dan bersalaman.
3. Meminta
siswa untuk mengambil nomor urut kehadiran
4. Meminta
siswa meletakkan sepatu di rak sepatu dan mengambil sandal
5. Meminta
siswa untuk meletakkan tas di tempat yang telah disediakan
6. Meminta
siswa untuk berwudhu (melepas kaos kaki, berwudhu dan memakai kembali kaos
kakinya)
|
|
|
|
B.
Jurnal Pagi
Siswa kumpul di teras untuk
berbaris sesuai nomer urut kehadirannya
Guru mengajak siswa duduk
dibarisannya masing-masing dan membiasakan siswa untuk :
1.
Membaca doa-doa
2.
Membaca surat-surat pendek
3.
Membaca asma’ul husna
Guru dan siswa mempersiapkan diri untuk masuk kelas dengan
senang, aman, dan nyaman
C.
Kegiatan Pagi
Siswa membaca Iqro sebelum kegiatan belajar dimulai
|
1.
Pukul 07.30 guru
membunyikan bel sebagai tanda siswa berkumpul
diteras untuk berbaris
2.
Guru menyiapkan siswa
untuk berbaris sesuai dengan nomer urut kedatangan siswa
3.
Nomer urut 1 menjadi
pemimpin barisan
4.
Guru mengajak siswa
untuk bertepuk dan bernyanyi sesuai dengan tema yang akan diajarkan sebelum
kegiatan pembiasaan siswa.
5.
Guru mengajak siswa
duduk dibarisannya masing-masing dan membiasakan siswa untuk :
a.
Membaca doa-doa
b.
Membaca surat-surat
pendek
c.
Membaca asmaul husna
6.
Guru dan siswa
mempersiapkan diri untuk masuk kelas dengan senang, aman dan nyaman
1.
Guru meminta siswa
untuk mengambil Iqro
2.
Guru mengajak siswa
untuk duduk memanjang (antri) sesuai dengan nomer kehadiran
3.
Guru mengajak siswa
untuk membaca Iqro
4.
Guru meminta siswa
untuk meletakkan kembali Iqronya dan meminta siswa untuk membuat lingkaran
|
|
|
|
D. Kegiatan
Pembukaan
Kegiatan diawali dengan berdoa dan
bernyanyi sesuai dengan tema pembelajaran dalam posisi membentuk lingkaran
E.
Fisik Motorik
Siswa melakukan gerakan fisik :
1.
Duduk melingkar dengan teman-teman satu kelompok
2.
Meletakkan kedua tangannya di atas punggung temannya
3.
Menggerakkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri secara serentak
dengan posisi tangan tetap pada punggung temannya
|
1.
Awali dengan kegiatan berdoa dan
bernyanyi sesuai dengan tema pembelajaran
2.
Pendidik memberikan kesempatan
kepada anak untuk menceritakan pengalaman dan mendiskusikannya.
3.
Pendidik bersama anak melakukan
percakapan untuk mengecek kehadiran sambil membiasakan anak untuk
memperhatikan dan menyebutkan temannya yang tidak masuk.
4.
Biasakan selalu berbicara dengan
lembut (soft speaking communication).
5.
Biasakan mengawali kegiatan dengan
membacakan buku atau bacaan lain sesuai dengan tema (selalu menyebutkan judul
buku dan nama pengarangnya).
6.
Sebelum masuk ke kegiatan hari
ini, tanyakan kembali kegiatan yang dilakukan kemarin.
7.
Pendidik menyampaikan dan
mendiskusikan tema, lingkup materi, kegiatan yang akan dilakukan, serta
kosakata terkait di awal kegiatan.
8.
Pendidik menerangkan dan mendiskusikan
aturan bermain.
9.
Pendidik memberikan kesempatan kepada
anak untuk memilih mainan.
1. Pendidik menawarkan kegiatan yang beragam dan
menarik, sesuai tahapan perkembangan anak.
2. Pendidik mempersilahkan anak memilih kegiatan yang
disukai.
3. Pendidik mengajak anak yang baru datang untuk
bermain bersama teman.
4. Pendidik mengawasi, mengamati, memotivasi dan
memberikan bantuan kepada anak yang membutuhkan.
5. Pendidik mengajak anak minum air putih sebelum
pindah ke kegiatan berikutnya.
|
|
II.
|
KEGIATAN INTI
|
|||
|
|
Kegiatan
main :
1. Membuat
sapu dari kardus bekas dan rafia
2. Membuat
serok sampah dari bekas kotak kue
3. Menulis
alat-alat kebersihan dengan media batu bata, kunyit dan batu arang.
4. Menggambar
sapu
5. Mewarnai
gambar sapu dan kemoceng
Guru menyiapkan bahan dan alatnya
Proses kegiatan :
Siswa sedang melakukan kegiatan
Hasil
Refleksi
|
1. Guru
menyiapkan bahan dan alat untuk bermain
2. Guru
meminta siswa untuk duduk ditempat yang telah disediakan bahan dan alat
bermain sesuai dengan pilihannya
3. Guru
menerangkan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam permainan
4. Siswa
melakukan kegiatan sesuai petunjuk dari guru
5. Siswa
menyerahkan hasil kegiatannya pada guru
6. Siswa
boleh memilih kegiatan lainnya kalau kegiatan yang pertama sudah selesai
|
|
III
|
ISTIRAHAT
|
|||
|
|
A.
Cuci Tangan
B.
Berdoa
C.
Makan
bekal
D.
Buang
sampah pada tempatnya.
E.
Bermain
di tempat bermain
|
1.
Basahilah
kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir,
ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.
2.
Usap dan gosok
juga kedua punggung tangan secara bergantian
3.
Jangan lupa
jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih
4.
Bersihkan
ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan
5.
Gosok dan
putar kedua ibu jari secara bergantian
6.
Letakkan ujung
jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan
7.
Bersihkan
kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian
diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang
mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu
1. Membentuk
kelompok
2. Mencuci
tangan sebelum makan dan minum
3. Mengambil
makanan atau bekal yang dibawa
4. Mengecek
makanan dan minuman terhadap lebel halal dan kadaluarsa
5. Berdoa
sebelum makan dan minum
6. Makan
dan minum dengan duduk, tangan kanan dan tidak berkecap keras
7. Berdoa
setelah makan dan minum
8. Membereskan
dan membuang sampah pada tempatnya
9. Mencuci
tangan setelah makan dan minum
|
|
IV.
|
PENUTUP
|
|||
|
|
Berdoa sebelum pulang
Meletakkan no urut kehadiran di
tempatnya
|
1. Memastikan
siswa sudah siap pulang
2. Meminta siswa mengambil tas
3. Meminta
siswa untuk mengecek semua barang miliknya
4. Mengajak
siswa untuk berdoa sebelum pulang
5. Menyampaikan
pesan dan motivasi
6. Meminta
siswa untuk meletakkan no urut kehadiran di tempatnya
7. Membagikan
buku tabungan ke siswa
8. Mengucapkan
salam pada siswa
9. Mengantarkan
siswa sampai ke depan pintu sambil bersalaman
|
|
B. Penataan File Sesuai Konsep Filing System
Penataan file dokumen dilembaga
sangatlah penting hal ini menunjukkan pengelolaan dilembaga sangat teratur dan
terdokumentasi dengan baik. Kami telah mencoba mempraktekan apa yang disarankan
oleh Nara sumber meskipun masih banyak kekurangan. Hasil yang didapat adalah
NO.
|
DOKUMEN
|
HASIL
PENATAAN DOKUMEN
|
1
|
|
Standar Tingkat Pencapaian
Perkembangan
1. STPPA
2. Data
Siswa Kelompok A dan B
3. Foto
Rekaman Kegiatan Harian, Mingguan, Bulanan, Semester
|
2
|
|
Standar Isi
4.
Dokumen I
5.
Tema, Prota, Prosem, RPPM, RPPH A dan B
6.
Dokumen Acuan Standar Kurikulum Opersional yang digunakan
7.
Berkas Rapat Peninjauan Kurikulum
8.
Info Pendaftaran Siswa/Pamflet
9.
Dokumen Alokasi Waktu Layanan Harian
10.
Jadwal Mingguan
11.
Dokumen Jumlah Pendidik dan Jumlah Peserta Didik Menurut
Kelompok Usia
12.
RPPH A dan B
13.
Kalender
14.
Foto Dokumen Kalender
15.
Berkas Sosialisasi Kalender
|
3
|
|
Standar Proses
16. PROSEM 1
dan II
17. RPPM
18. RPPH A
dan B
19. Program
PAUD Holistik
20. General
Chek Up
21. Dokumen
Pembelajaran
22. Dokumen
Pembelajaran
23. Penilaian
24. Buku
Penilaian
25. Teknik
Penilaian
|
4
|
|
Standar Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
26. Dokumen
Kualifikasi Akademik Pendidik
27. Dokumen
Pendukung Kompetensi Pendidik yang sesuai
28. Dokumen
Kualifikasi Akademik TK
29. Dokumen
Pendukung Kompetensi Kependidikan yang sesuai.
|
5
|
|
Standar Sarana dan Prasarana
30. Dokumen
Sarana Pendidikan
31. Daftar
Inventaris Sarpras APE dalam Kelas
32. Dokumen
Kepemilikan Lahan
33. Denah
yang menunjukkan Ruang beserta ukuran
34. Dokumentasi
Foto semua Ruang dan Halaman bermain
35. Sertifikat
Tanah
36. Bukti
Pembayaran Listrik, Telepon, dan Internet
|
6
|
|
Standar Pengelolaan
37.
Rumusan Visi
38.
Rumusan Misi
39.
Rumusan Tujuan
40.
Dokumen Sosialisasi Visi, Misi dan Tujuan
41.
Dokumen Rencana Kerja Tahunan
42.
Dokumen Rencana Kerja Lima Tahun
43.
Dokumen Struktur Organisasi
44.
Dokumennya
45.
Dokumen Kerjasama/kemitraan dengan Pihak Lain
46.
Buku Panduan Pelaksanaan
47.
Cover dan 3 (tiga) Halaman Pertama untuk masing-masing
buku Administrasi
48.
Dokumen
Sistem Informasi Management (SIM)
49.
Dokumen Pengawasan terhadap proses dan hasil pelaksanaan
program /buku SupervisiKepala Sekolah
50.
Dokumen Laporan Hasil pengawasan pelaksanaan kegiatan/buku
laporan hasil supervisi
51.
Dokumen Penilaian Hasil Kerja/Proposal dan LPJ Kegiatan
52.
Dokumen Hasil Penilaian/Foto Program Kegiatan Tahunan
53.
Dokumen Penghargaan yang pernah diterima satuan PAUD
(sertifikat, Lakat/Medali/Piala, Foto saat menerimapenghargaan, dll)
|
7
|
|
Standar Pembiayaan
54. Buku
Rencana Pembiayaan TK (RAPBTK)
55. RKAS BOP
56. Buku
Laporan Penggunaan Dana Sekolah
57. a. Buku
Kas
b. Buku
Khusus Pengeluaran Lemaga
c. Buku
Khusus Pemasukan Lembaga
d. Buku
Penerimaan Gaji
e. Buku
Inventaris Kekayaan
|
8
|
|
Standar Penilaian Pendidik
58.
Buku Panduan Penilaian
59.
Buku Penilaian
60.
Buku Penyerahan LPPAD/Raport
|
9.
|
|
Standar 1- 8
|
BAB III
MASALAH YANG DI HADAPI DAN
SOLUSI PEMECAHAN MASALAH
Berbagai permasalahan muncul setelah kami mempraktekan apa
yang telah disampaikan nara sumber. Hal ini karena di lembaga kami belum
terbiasa melakukan hal-hal hal yang seperti dicontohkan oleh Mr Nafik Palil,
Hal ini perlu pembiasaan bagi siswa dan pendidik.
Permasalahan dan Solusi yang kami temukan selama praktek
adalah sebagai berikut :
NO
|
MASALAH
|
SOLUSI
|
1
|
Dalam melakukan salim/jabat
tangan anak kepada guru masih belum
terbiasa mencium tangan
|
1. Memberi pengetahuan tentang jabat tangan yang
benar dan mencontohkan
2. Membuat SOP penyambuta anak
|
2
|
Dalam berbaris selalu tidak teratur,
anak saling berebut tempat
|
1. Dibuat nomor urut sesuai kedatangan anak
2. Melakukan pembiasaan tertib dan taat aturan
|
3
|
Dalam cuci tangan masih ada yang tidak sabar antri . makan
duluan
|
1. Dibuat
nomor urut sesuai kedatangan anak dan
dibagi 3 kelompok biar tidak terlalu banyak.
2. Membuat
SOP CTPS.
|
4
|
Didalam melakukan kegiatan masih ada yang menangis karena
ibunya tidak mau meninggalkannya. jadi selalu minta dibantu ibunya .
|
1. Mengadakan
parenting ,memberi pengarahan kepada orang tua/wali siswa tentang peraturan
dan cara mendidik anak supaya mandiri.
2. Melakukan
pembiasaan mandiri dan kreativitas
3. Memberi
label pada siswa sesuai kondisinya di kelas
|
BAB IV
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Dengan adanya Super Diklat
Penguatan Kepemimpinan dan kewirausahaan PAUD dan Dikmas menuju lembaga
profesional pada hari minggu, 9 September 2018 sangat membantu lembaga dan
pendidik dalam mengelola lembaga dan mendidik anak dengan baik untuk menuju
lembaga pendidikan dan pendidik yang profesional dan idaman masyarakat.
2.
Saran
Super Diklat sebaiknya
diselenggarakan secara berkala dan berkelanjutan bagi penyelenggara, pengelola,
pendidik dan tenaga kependidikan agar materi tentang pengelolaan lembaga dapat diikuti
oleh semua pihak lemaga pendidikan, baik penyelenggara, pengelola, pendidik
maupun tenaga kependidikan dan materi lebih mendalam, sehingga baik
penyelenggara, pengelola, pendidik dan tenaga kependidikan di suatu lembaga
mendapat pengetahuan dan pemahaman yang sama dalam mewujudkan visi misi lembaga dengan pengetahuan yang telah diperolehnya
melalui kegiatan Super Diklat yang telah diikutinya.
|
DAFTAR
PUSTAKA
Gunarti, Winda; Suryani, Lilis; Muis,
Azizah. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia
Dini Jakarta: Universitas Terbuka
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor
20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Jakarta: BP. Dharma Bhakti
Wijana, Widarmi D dkk. 2008. Kurikulum
Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Djamarah, Syaiful Bachri. 1997. Strategi
Belajar Mengejar. Jakarta: Rineke Cipta.
Seefeldt, Carol &Barbara A
. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
PERMENDIKBUD No. 137. 2014. Standar Nasional Pendidikan
Anak Usia Dini
diunduh
Rabu, 19 September pukul 21.00 WIb
0 komentar:
Posting Komentar