Rabu, 03 Oktober 2018

TUGAS MANDIRI SUPER DIKLAT IMPLEMENTASI SUPER DIKLAT DI KB AZKAL AZKIYA


BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan program prioritas pertama dan utama dalam fokus pembangunan pendidikan di Indonesia. Keberhasilan PAUD tidak terlepas dari peran lembaga dan pendidik PAUD dalam menyelenggarakan dan menjalankan kegiatan PAUD.
Pembelajaran dilaksanakan melalui bermain, kegiatan pembelajaran dilakukan secara bertahap, berkesinambungan dan bersifat pembiasaan (Helmawati 2015), hal tersebut harus menjadi pertimbangan bagi penyelenggara PAUD.
Peran utama lembaga sebagai penyelenggara PAUD adalah memberikan layanan pengasuhan, pendidikan dan pengembangan bagi anak, sedang peran utama pendidik PAUD adalah mendidik peserta didiknya dengan upaya memaksimalkan terkoneksinya seluruh sel otak yang saat lahir sudah terbentuk, untuk itu diperlukan tenaga pendidik yang profesional dalam merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran anak.
Super Diklat Penguatan Kepemimpinan dan kewirausahaan PAUD dan Dikmas menuju lembaga profesional ini banyak memberikan bekal bagi kami dalam meningkatkan proesionalisme lembaga, pendidik  maupun tenaga kependidikan.
Laporan Tugas Mandiri ini sebagai tindak lanjut dari Super Diklat yang elah dilaksanakan dan bagi peserta Super Diklat diharuskan untuk menyusun laporan Tugas Mandiri yang dilaksanakan di lembaganya masing-masing.

B.            Tujuan Penulisan :
Tujuan Penulisan Tugas Mandiri ini adalah :
1.    Memberi kesempatan pada peserta Super Diklat untuk mengaplikasikan seluruh materi Super Diklat pada lembaga PAUD tempat peserta Super Diklat bertugas.
2.    Memperdalam pengetahuan
3.    Meningkatkan kompetensi peserta Super Dklat dalam menyelesaikan masalah di lembaga tempat tugasnya.
4.    Memberi bekal dalam ekerjasama dengan teman sejawat.
5.    Melaporkan hasil praktek yang dilaksanakan di KB Azkal Azkiya dengan mengacu pada konsep yang telah disampaikan nara sumber.
6.    Memenuhi Jam Super Diklat yang dipersyaratkan






BAB II
KEGIATAN YANG DILAKUKAN

A.      Kegiatan Yang Dilakukan di KB Azkal Azkiya
Dalam  bab ini penulis mencoba mempraktekkan apa yang telah disampaikan nara sumber. Kegiatan ini direkam pada hari rabu, tanggal 19 September  2018
Adapun hasil dari praktek tersebut sebagai berikut :
NO.
DOKUMEN
KETERANGAN
SOP
I.
KEGIATAN AWAL/PENDAHULUAN
A. Penyambutan Kedatangan  Siswa :
Berdiri di depan gerbang sekolah untuk menyambut siswa dan orang tua

Siswa mengambil nomor urut kedatangan








Description: F:\FOTO UNTUK TM SUPER DIKLAT\WhatsApp Image 2018-09-22 at 08.23.17 (1).jpegSiswa meletakkan sepatu di tempatnya dan mengambil sandal







Description: F:\FOTO UNTUK TM SUPER DIKLAT\WhatsApp Image 2018-09-22 at 08.23.18.jpegSiswa meletakkan tas di tempat yang telah disediakan 


Description: F:\FOTO UNTUK TM SUPER DIKLAT\WhatsApp Image 2018-09-22 at 08.23.11.jpegSiswa berwudhu sebelum belajar




1.    Guru piket berdiri di depan gerbang sekolah mulai pukul 07.00 WIB
2.    Guru piket menyambut siswa dan orang tua/pengantar  yang datang dengan 7S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun, Sabar dan Sigap) dan bersalaman.
3.    Meminta siswa untuk mengambil nomor urut kehadiran
4.    Meminta siswa meletakkan sepatu di rak sepatu dan mengambil sandal
5.    Meminta siswa untuk meletakkan tas di tempat yang telah disediakan
6.    Meminta siswa untuk berwudhu (melepas kaos kaki, berwudhu dan memakai kembali kaos kakinya)










Description: F:\FOTO UNTUK TM SUPER DIKLAT\20180920_073112.jpg
B.   Jurnal Pagi

Siswa kumpul di teras untuk berbaris sesuai nomer urut kehadirannya


Description: F:\FOTO UNTUK TM SUPER DIKLAT\WhatsApp Image 2018-09-22 at 08.25.35.jpegGuru mengajak siswa duduk  dibarisannya masing-masing dan membiasakan siswa untuk :
1.      Membaca doa-doa
2.      Membaca surat-surat pendek
3.      Membaca asma’ul husna


Guru dan siswa mempersiapkan diri untuk masuk kelas dengan senang, aman, dan nyaman
























C.  Kegiatan Pagi
Siswa membaca Iqro sebelum kegiatan belajar dimulai

















1.    Pukul 07.30 guru membunyikan bel sebagai tanda siswa berkumpul  diteras untuk berbaris
2.    Guru menyiapkan siswa untuk berbaris sesuai dengan nomer urut kedatangan siswa
3.    Nomer urut 1 menjadi pemimpin barisan
4.    Guru mengajak siswa untuk bertepuk dan bernyanyi sesuai dengan tema yang akan diajarkan sebelum kegiatan pembiasaan siswa.
5.    Guru mengajak siswa duduk dibarisannya masing-masing dan membiasakan siswa untuk :
a.    Membaca doa-doa
b.    Membaca surat-surat pendek
c.     Membaca asmaul husna
6.        Guru dan siswa mempersiapkan diri untuk masuk kelas dengan senang, aman dan nyaman


1.     Guru meminta siswa untuk mengambil Iqro
2.     Guru mengajak siswa untuk duduk memanjang (antri) sesuai dengan nomer kehadiran
3.     Guru mengajak siswa untuk membaca Iqro
4.     Guru meminta siswa untuk meletakkan kembali Iqronya dan meminta siswa untuk membuat lingkaran

Description: F:\FOTO UNTUK TM SUPER DIKLAT\WhatsApp Image 2018-09-22 at 08.25.56.jpeg
D.  Kegiatan Pembukaan
Kegiatan diawali dengan berdoa dan bernyanyi sesuai dengan tema pembelajaran dalam posisi membentuk lingkaran




















































E.   Fisik Motorik
Description: F:\FOTO UNTUK TM SUPER DIKLAT\WhatsApp Image 2018-09-22 at 08.25.58.jpegSiswa melakukan gerakan fisik :
1.    Duduk melingkar dengan teman-teman satu kelompok
2.    Meletakkan kedua tangannya di atas punggung temannya
3.    Menggerakkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri secara serentak dengan posisi tangan tetap pada punggung temannya


1.     Awali dengan kegiatan berdoa dan bernyanyi sesuai dengan tema pembelajaran
2.     Pendidik memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan pengalaman dan mendiskusikannya.
3.     Pendidik bersama anak melakukan percakapan untuk mengecek kehadiran sambil membiasakan anak untuk memperhatikan dan menyebutkan temannya yang tidak masuk.
4.     Biasakan selalu berbicara dengan lembut (soft speaking communication).
5.     Biasakan mengawali kegiatan dengan membacakan buku atau bacaan lain sesuai dengan tema (selalu menyebutkan judul buku dan nama pengarangnya).
6.     Sebelum masuk ke kegiatan hari ini, tanyakan kembali kegiatan yang dilakukan kemarin.
7.     Pendidik menyampaikan dan mendiskusikan tema, lingkup materi, kegiatan yang akan dilakukan, serta kosakata terkait di awal kegiatan.
8.     Pendidik menerangkan dan mendiskusikan aturan bermain.
9.     Pendidik memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih mainan.

1.     Pendidik menawarkan kegiatan yang beragam dan menarik, sesuai tahapan perkembangan anak.
2.     Pendidik mempersilahkan anak memilih kegiatan yang disukai. 
3.     Pendidik mengajak anak yang baru datang untuk bermain bersama teman.
4.     Pendidik mengawasi, mengamati, memotivasi dan memberikan bantuan kepada anak yang membutuhkan.   
5.     Pendidik mengajak anak minum air putih sebelum pindah ke kegiatan berikutnya. 


II.
KEGIATAN INTI

Kegiatan main :
1.    Membuat sapu dari kardus bekas dan rafia
2.    Membuat serok sampah dari bekas kotak kue
3.    Menulis alat-alat kebersihan dengan media batu bata, kunyit dan batu arang.
4.    Menggambar sapu
5.    Mewarnai gambar sapu dan kemoceng

Guru menyiapkan bahan dan alatnya




Proses kegiatan :
Siswa sedang melakukan kegiatan



Hasil








Description: F:\FOTO UNTUK TM SUPER DIKLAT\WhatsApp Image 2018-09-22 at 08.26.00.jpegRefleksi  









1.    Guru menyiapkan bahan dan alat untuk bermain
2.    Guru meminta siswa untuk duduk ditempat yang telah disediakan bahan dan alat bermain sesuai dengan pilihannya
3.    Guru menerangkan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam permainan
4.    Siswa melakukan kegiatan sesuai petunjuk dari guru
5.    Siswa menyerahkan hasil kegiatannya pada guru
6.    Siswa boleh memilih kegiatan lainnya kalau kegiatan yang pertama sudah selesai





III
ISTIRAHAT

Description: F:\FOTO UNTUK TM SUPER DIKLAT\WhatsApp Image 2018-09-22 at 08.23.15.jpeg
A.  Cuci  Tangan






































































B.   Description: F:\FOTO UNTUK TM SUPER DIKLAT\WhatsApp Image 2018-09-22 at 08.25.56.jpegBerdoa








C.   Makan bekal










 

D.  Buang sampah pada tempatnya.











E.   Bermain di tempat bermain










1.    Basahilah kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.
2.    Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
3.    Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih
4.    Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan
5.    Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
6.    Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan
7.    Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu


1.    Membentuk kelompok
2.    Mencuci tangan sebelum makan dan minum
3.    Mengambil makanan atau bekal yang dibawa
4.    Mengecek makanan dan minuman terhadap lebel halal dan kadaluarsa
5.    Berdoa sebelum makan dan minum
6.    Makan dan minum dengan duduk, tangan kanan dan tidak berkecap keras
7.    Berdoa setelah makan dan minum
8.    Membereskan dan membuang sampah pada tempatnya
9.    Mencuci tangan setelah makan dan minum

IV.
PENUTUP

Description: F:\FOTO UNTUK TM SUPER DIKLAT\WhatsApp Image 2018-09-22 at 08.26.04.jpegDescription: F:\FOTO UNTUK TM SUPER DIKLAT\WhatsApp Image 2018-09-22 at 08.25.56.jpeg
Berdoa sebelum pulang











Meletakkan no urut kehadiran di tempatnya
1.     Memastikan siswa sudah siap pulang
2.      Meminta siswa mengambil tas
3.     Meminta siswa untuk mengecek semua barang miliknya
4.     Mengajak siswa untuk berdoa sebelum pulang
5.     Menyampaikan pesan dan motivasi
6.     Meminta siswa untuk meletakkan no urut kehadiran di tempatnya
7.     Membagikan buku tabungan ke siswa
8.     Mengucapkan salam pada siswa
9.     Mengantarkan siswa sampai ke depan pintu sambil bersalaman

B.   Penataan File Sesuai Konsep Filing System
Penataan file dokumen dilembaga sangatlah penting hal ini menunjukkan pengelolaan dilembaga sangat teratur dan terdokumentasi dengan baik. Kami telah mencoba mempraktekan apa yang disarankan oleh Nara sumber meskipun masih banyak kekurangan. Hasil yang didapat adalah
NO.
DOKUMEN
HASIL PENATAAN DOKUMEN
1






Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan

1.     STPPA
2.     Data Siswa Kelompok A dan B
3.     Foto Rekaman Kegiatan Harian, Mingguan, Bulanan, Semester
2
Standar Isi
4.    Dokumen I
5.     Tema, Prota, Prosem, RPPM, RPPH A dan B
6.     Dokumen Acuan Standar Kurikulum Opersional yang digunakan
7.     Berkas Rapat Peninjauan Kurikulum
8.     Info Pendaftaran Siswa/Pamflet
9.     Dokumen Alokasi Waktu Layanan Harian
10. Jadwal Mingguan
11.      Dokumen Jumlah Pendidik dan Jumlah Peserta Didik Menurut Kelompok Usia
12.      RPPH A dan B
13.      Kalender
14.      Foto Dokumen Kalender
15.      Berkas Sosialisasi Kalender
3


















Standar Proses
16.      PROSEM 1 dan II
17.      RPPM
18.      RPPH A dan B
19.      Program PAUD Holistik
20.      General Chek Up
21.      Dokumen Pembelajaran
22.      Dokumen Pembelajaran
23.      Penilaian
24.      Buku Penilaian
25.      Teknik Penilaian
4
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
26.    Dokumen Kualifikasi Akademik Pendidik
27.    Dokumen Pendukung Kompetensi Pendidik yang sesuai
28.    Dokumen Kualifikasi Akademik TK
29.    Dokumen Pendukung Kompetensi Kependidikan yang sesuai.
5
Standar Sarana dan Prasarana
30.    Dokumen Sarana Pendidikan
31.    Daftar Inventaris Sarpras APE dalam Kelas
32.    Dokumen Kepemilikan Lahan
33.    Denah yang menunjukkan Ruang beserta ukuran
34.    Dokumentasi Foto semua Ruang dan Halaman bermain
35.    Sertifikat Tanah
36.    Bukti Pembayaran Listrik, Telepon, dan Internet
6
Standar Pengelolaan
37.    Rumusan Visi
38.    Rumusan Misi
39.    Rumusan Tujuan
40.    Dokumen Sosialisasi Visi, Misi dan Tujuan
41.    Dokumen Rencana Kerja Tahunan
42.    Dokumen Rencana Kerja Lima Tahun
43.    Dokumen Struktur Organisasi
44.    Dokumennya
45.    Dokumen Kerjasama/kemitraan dengan Pihak Lain
46.    Buku Panduan Pelaksanaan
47.    Cover dan 3 (tiga) Halaman Pertama untuk masing-masing buku Administrasi
48.    Dokumen Sistem Informasi Management (SIM)
49.    Dokumen Pengawasan terhadap proses dan hasil pelaksanaan program /buku SupervisiKepala Sekolah
50.    Dokumen Laporan Hasil pengawasan pelaksanaan kegiatan/buku laporan hasil supervisi
51.    Dokumen Penilaian Hasil Kerja/Proposal dan LPJ Kegiatan
52.    Dokumen Hasil Penilaian/Foto Program Kegiatan Tahunan
53.    Dokumen Penghargaan yang pernah diterima satuan PAUD (sertifikat, Lakat/Medali/Piala, Foto saat menerimapenghargaan, dll)
7
Standar Pembiayaan
54.    Buku Rencana Pembiayaan TK (RAPBTK)
55.    RKAS BOP
56.    Buku Laporan Penggunaan Dana Sekolah
57.    a. Buku Kas
b.    Buku Khusus Pengeluaran Lemaga
c.    Buku Khusus Pemasukan Lembaga
d.   Buku Penerimaan Gaji
e.    Buku Inventaris Kekayaan
8
Standar Penilaian Pendidik

58.    Buku Panduan Penilaian
59.    Buku Penilaian
60.    Buku Penyerahan LPPAD/Raport

9.
Standar 1- 8


BAB III
MASALAH YANG DI HADAPI DAN
SOLUSI PEMECAHAN MASALAH

Berbagai permasalahan muncul setelah kami mempraktekan apa yang telah disampaikan nara sumber. Hal ini karena di lembaga kami belum terbiasa melakukan hal-hal hal yang seperti dicontohkan oleh Mr Nafik Palil, Hal ini perlu pembiasaan bagi siswa dan pendidik.
Permasalahan dan Solusi yang kami temukan selama praktek adalah sebagai berikut :
NO
MASALAH
SOLUSI
1
Dalam melakukan salim/jabat tangan   anak kepada guru masih belum terbiasa mencium tangan
1.       Memberi pengetahuan tentang jabat tangan yang benar dan mencontohkan
2.       Membuat SOP penyambuta anak
2
Dalam berbaris selalu tidak teratur, anak saling berebut tempat
1.       Dibuat nomor urut sesuai kedatangan anak
2.       Melakukan pembiasaan tertib dan taat aturan
3
Dalam cuci tangan masih ada yang tidak sabar antri . makan duluan
1.    Dibuat nomor urut  sesuai kedatangan anak dan dibagi 3 kelompok biar tidak terlalu banyak.
2.    Membuat SOP CTPS.
4
Didalam melakukan kegiatan masih ada yang menangis karena ibunya tidak mau meninggalkannya. jadi selalu minta dibantu ibunya .
1.    Mengadakan parenting ,memberi pengarahan kepada orang tua/wali siswa tentang peraturan dan cara mendidik anak supaya mandiri.
2.    Melakukan pembiasaan  mandiri dan kreativitas
3.    Memberi label pada siswa sesuai kondisinya di kelas











BAB IV
PENUTUP

1.        Kesimpulan
Dengan adanya Super Diklat Penguatan Kepemimpinan dan kewirausahaan PAUD dan Dikmas menuju lembaga profesional pada hari minggu, 9 September 2018 sangat membantu lembaga dan pendidik dalam mengelola lembaga dan mendidik anak dengan baik untuk menuju lembaga pendidikan dan pendidik yang profesional dan idaman masyarakat.          
        
2.        Saran
Super Diklat sebaiknya diselenggarakan secara berkala dan berkelanjutan bagi penyelenggara, pengelola, pendidik dan tenaga kependidikan agar materi tentang pengelolaan lembaga dapat diikuti oleh semua pihak lemaga pendidikan, baik penyelenggara, pengelola, pendidik maupun tenaga kependidikan dan materi lebih mendalam, sehingga baik penyelenggara, pengelola, pendidik dan tenaga kependidikan di suatu lembaga mendapat pengetahuan dan pemahaman yang sama dalam  mewujudkan visi misi lembaga  dengan pengetahuan yang telah diperolehnya melalui kegiatan Super Diklat yang telah diikutinya.

      

 
 

DAFTAR PUSTAKA

Gunarti, Winda; Suryani, Lilis; Muis, Azizah. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini Jakarta: Universitas Terbuka
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: BP. Dharma Bhakti
Wijana, Widarmi D dkk. 2008. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Djamarah, Syaiful Bachri. 1997. Strategi Belajar Mengejar. Jakarta: Rineke Cipta.
Seefeldt, Carol &Barbara A . Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
PERMENDIKBUD No.  137. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
diunduh Rabu, 19 September pukul 21.00 WIb






0 komentar:

Posting Komentar